Skip to main content

follow us

Lovebird barong - Apakah kalian sudah mengetahui apa itu lovebird barong atau lovebird mandul?. Lalu kenapa lovebird ini bisa mandul (tidak bisa memiliki keturunan)?. Dan apakah lb barong ini merupakan jenis lovebird baru?. Pasti pertanyaan seperti itu pernah terlintas di benak teman-teman ya kan?. Kita akan kupas semuanya di artikel ini.

Sebetulnya lovebird barong adalah hasil dari kawin silang antara lovebird klep dan juga lovebird non klep. Maka lahirlah lovebird barong ini atau bisa di sebut juga lovebird semi klep, namun anakan tersebut bisa di katakan mandul.

Kenapa Lovebird Barong Mandul? 


Menurut ilmu genetika, penyebab lovebird barong tidak bisa memiliki keturunan atau mandul adalah, karena jumlah kromosom yang ganjil. Jadi saat terjadi pembuahan akan selalu gagal, karena kromosomnya tidak bisa di bagi rata.

Jumlah kromosom genetik pada lovebird klep adalah 62, sedangkan jumlah kromosom pada lovebird non klep adalah 64. Jadi ketika kedua lovebird ini dikawinkan, maka jumlah kromosom pada anaknya adalah 63. Kenapa hasilnya bisa 63?. Karena dari 31+32 yang hasilnya adalah 63. Karena kromosomnya ganjil, maka lovebird barong ini menjadi mandul.

Jadi lovebird barong ini bukan jenis lovebird klep atau pun non klep, tapi biasanya disebut lovebird semi klep. Jika sobat ingin mengetahui bagimana ciri-ciri lovebird barong, berikut informasinya:

  • Cirinya hampir sama dengan lovebird klep, hanya saja lingkaran atau klep pada matanya tipis. Jika jenis klep, sangat jelas sekali terlihat lingkaran pada matanya.
  • Lalu paruhnya berwarna orange atau kuning.
  • Bagian warna dari kepala hingga lehernya menyerupai lovebird non klep. Dan memiliki warna yang cukup unik.

Pada dasarnya lovebird barong ini sama dengan lovebird lainnya, yakni memiliki gairah seksual kepada pasangannya. Dan betina pun bisa bertelur, namun telur tersebut tidak akan menetas, karena tidak ada isinya alias kosong, dan tidak memiliki embrio.

Baca juga: Cara Mencetak Lovebird Biola

Karena kekurangannya yang tidak bisa mempunyai keturunan, maka harga lovebird barong di pasaran pun sangat rendah, jika di banding jenis lovebird lainnya. Walaupun begitu, tapi mungkin bisa saja lb barong ini mengikuti lomba suara.

Jadi kesimpulannya kenapa lovebird barong mandul adalah karena memiliki kromosom yang ganjil, yakni berjumlah 63. Berbeda dengan lovebird klep dan non klep yang keduanya memiliki kromosom genap yakni, 62 dan 64. Hal ini telah di uji oleh para ahli dan berdasarkan pengalaman para penangkar lovebird, bahwa 99% lovebird barong itu mandul, dan 1% kekuasaan tuhan.

Mungkin cukup sekian informasi tentang lovebird barong yang dikenal dengan lovebird mandul, atau tidak bisa melahirka keturunan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan semoga menambah wawasan kita mengenai lovebird.

Jika bermanfaat, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar