Lovebird Holland: Ciri-ciri, Cara Perawatan, Dan Harga Pasarannya

Sekilas dari namanya saja pasti kita sudah bisa berasumsi bahwa lovebird holland ini berasal dari benua Eropa tepatnya di negara Holland (Belanda). Saat ini Indonesia masih kesulitan menghasilkan spesies-spesies baru yang berkualitas, padahal Indonesia dari segi geografis tidak berbeda jauh dengan negara asal lovebird yakni benua Afrika.

Mungkin banyak faktor yang membuat Indonesia kesulitan dalam memunculkan atau menghasilkan spesies yang memiliki kualitas, sehingga cukup banyak lovebird import dari Eropa yang masuk ke Indonesia seperti Lovebird Biola, Lovebird Euwing, dan salah satunya yakni lovebird holland.

Sebetulnya lovebird holland sama saja seperti lovebird lainnya, namun yang membedakan adalah dari postur tubuhnya yang terlihat lebih besar dan gagah di bandingkan jenis lovebird lainnya. Dengan ukurannya yang cukup besar dan warna bulunya yang cantik, maka burung ini menjadi salah satu yang di gemari saat ini di Indonesia.

Pada artikel sebelumnya dengancara.com telah membahas tentang Sarang Burung Murai Batu di Hutan, kali ini kami tertarik untuk membahas ciri-ciri lovebird holland dan juga harga pasarannya. Walaupun burung ini cukup mudah untuk di kenali, namun bagi para pemula akan sangat membutuhkan informasi ini.

Ciri-ciri Burung Lovebird Holland


Berikut adalah ciri-ciri umum dan fisik pada lovebird yang berasal dari negara kincir angin (Belanda):

  • Wajah, leher hingga dadanya berwarna orange.
  • Paruh dan kepalanya berwarna merah gelap.
  • Sayap dan bagian ekornya dominan berwarna hijau agak kecoklatan dan di balut dengan warna kuning di bagian belakang leher.
  • Bagian ujung sayapnya terlihat sedikit warna hitam.

Selain beberapa ciri diatas, kadang kita juga menemukan warna lain seperti biru dan yang lainnya, namun secara garis besar, ciri-ciri umum lovebird holland yaitu seperti diatas. Di Indonesia sendiri lovebird belanda yang paling di minati adalah lovebird holland kacamata atau klep.


Perawatan Burung Lovebird Holland


Karena tempat asal burung ini cukup berbeda dengan Indonesia, maka perawatannya pun tidak bisa dilakukan se enaknya. Kita harus sabar dalam merawatnya agar lb holland benar-benar bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan suhu dan iklim Indonesia.

Perlu perawatan yang cukup ekstra di awal-awal ketika burung ini memang langsung di datangkan dari negara asalnya, berbeda jika burung tersebut sudah lama menetap di Indonesia dan sudah terbiasa dengan lingkungannya.

Untuk cara pemandian burung lovebird holland, memerlukan pertimbangan dari segi kondisi fisik dan cuaca. Jika sedang musim kering atau kemarau, maka frekuensi untuk memandikan burung bisa lebih sering dibanding dengan musim dingin atau saat cuaca normal. Karena pada saat musim kering, kelembaban udara akan lebih tinggi.

Kemudian untuk kebersihan kandang tidak ada perbedaan seperti jenis lovebird lainnya. Jadi sebisa mungkin rajinlah dalam membersihkan kandang supaya lovebird tidak mudah stress dan terserang penyakit.

Pemberian Pakan Lovebird Holland


Walaupun dalam segi perawatan di awal-awal cukup merepotkan, akan tetapi untuk masalah pakan, lovebird ini relatif hampir sama dengan jenis lainnya. Anda dapat memberikan pakan berupa biji-bijian, sayur-sayuran, buah-buahan.

Jenis sayuran yang bisa diberikan seperti kangkung, kemudian biji-bijian seperti jagung muda, kacang tanah, kuaci, dll. Berikan terus pakan pada lovebird secara rutin untuk menjaga asupan nutrisinya. Berikan pula makanan yang bervariasi agar lovebird tidak jenuh karena hanya diberikan pakan itu-itu saja. Pemberian vitamin juga bila perlu minimal sebulan sekali.


Harga Lovebird Holland


Bila anda tertarik dan ingin mendapatkan lovebird holland ini, harganya tidak semahal Lovebird Parblue, namun memang relatif, dan bisa berubah-ubah. Namun harga bisa sangat mahal, jika lovebird tersebut sering menang dalam perlombaan.

Untuk harga standart biasanya berkisar antara Rp. 400.000 - Rp. 700.000. Dan untuk lovebird holland yang sudah sering memenangkan lomba harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Demikianlah informasi mengenai lovebird holland, dimulai dari ciri-ciri fisiknya, perawatan dan pakannya, hingga harga pasarannya. Semoga dengan artikel bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang lovebird.

Jangan lupa share ya, agar lebih banyak lagi yang mengetahui lovebird holland ini, dan sampai jumpa pada artikel menarik berikutnya. Semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Disqus Comments