Lovebird Violet: Cara Mencetak, Jenis, Ciri-ciri, dan Harga Pasarannya

Bagi para lovebird mania sudah pasti tidak asing lagi dengan yang namanya lovebird violet. Selain Jenis Lovebird Biola yang cukup banyak digemari, walaupun harganya bisa dikatakan mahal. Akhir-akhir ini tidak sedikit orang yang ingin mengetahui bagimana cara mencetak lovebird violet, karena corak warnanya yang sangat unik, sehingga membuat banyak yang ingin ternak lovebird vio.

Selain karena warnanya yang sangat unik, harga lovebird vio ini juga relatif lebih stabil dibanding dengan harga jenis lovebird lainnya yang kadang naik turun, bahkan ada yang terus meningkat seperti Lovebird Parblue dan yang lainnya. Violet sendiri adalah jenis blue series (BS) atau paruh putih dan memiliki cukup banyak mutasi, sehingga menghasilkan warna bulu yang sangat cantik.

Disini dengancara.com akan mengulas informasi tentang lovebird violet, mulai dari bagaimana cara mencetaknya, ciri-cirinya, harga jualnya, dan hal-hal lainnya yang ada pada lovebird violet.

Akan tetapi disisi lain juga banyak yang mengira bahwa lovebird violet itu sama dengan lb biru mangsi atau lovebird cobalt. Padahal mereka berbeda satu sama lainnya. Oleh karena itu, sebelum kita membahas mengenai cara mencetak lovebird violet, maka akan kami jelaskan dulu perbedaan dan ciri khas dari masing-masing lovebird ini.

Perbedaan Lovebird Violet, Lovebird Biru Mangsi, dan Lovebird Cobalt


Kita akan ketahui ciri dari masing-masing lovebird violet, biru mangsi, dan cobalt. Berikut informasinya:

Ciri Lovebird Violet


Yang pertama adalah ciri dari lb vio. Jenis burung ini adalah salah satu jenis lovebird warna biru yang cukup mewah. Karena warna birunya keunguan dan lebih cerah dibanding dengan yang lainnya. Oleh karena itu diberi nama violet.

Ciri dari lovebird violet adalah:

  • Memiliki paruh yang berwarna putih, karena termasuk jenis blue series, lovebird biru mangsi dan cobalt pun sama.
  • Pada bagian leher umumnya memiliki warna putih yang melingkar.
  • Bagian perutnya berwarna biru pudar atau biru muda.
  • Warna bulunya cerah yang berwarna biru keunguan (violet).

Ciri-ciri Lovebird Biru Mangsi


Jika lovevebird violet mempunyai warna biru yang terang, berbeda dengan lb biru mangsi yang warna birunya tidak secerah violet. Kemudian dadanya berwarna putih, dan warna kepalanya hitam, namun ada juga yang abu-abu.

Ciri dari lovebird biru mangsi adalah:

Ada 2 varian pada lovebird ini, yaitu biru mangsi standart, yakni bulunya yang biru mangsi dan warna kepalanya gradasi hitam, dan biru mangsi perso, yang pada bagian kepalanya berwarna hitam melingkar. Jadi ciri umuk yang bisa kita lihat adalah bahwa lovebird biru mangsi warna birunya lebih gelap dibanding lb violet.

Baca juga: Ciri-ciri Lovebird Mouve

Ciri-ciri Lovebird Cobalt


Perbedaan antara lovebird cobalt dari kedua burung diatas adalah warna biru dari lovebird ini cenderung lebih kusam atau memudar, dibanding dengan yang dua tadi. Jadi lovebird cobalt ini seperti biru langit siang hari warna birunya.

Anda pasti sudah bisa langsung membedakan saat melihat lovebird karena warna birunya yang lebih muda dari kedua lovebird diatas. Dan  dari segi harga pun lebih murah dibanding dengan kedua lovebird diatas, nanti akan kami berikan kisaran harganya.

Jenis Lovebird Violet


Lovebird violet sendiri terbagi menjadi 2 berdasarkan genetiknya. Yaitu,  Lovebird Violet SF (Single Factor) yang berarti 1 lapis atau memiliki warna terang, dan Lovebird Violet DF (Double Factor) yang berarti 2 lapis atau memiliki warna lebih gelap. Membedakannya memang agak sedikit sulit, namun akan nampak jika melihatnya dari jarak yang dekat.

Jika ingin lebih yakin lagi dalam membedakan antara lovebird violet SF dan DF, maka anda bisa tanyakan langsung kepada pemilik ternak tentang indukannya, atau bisa juga dengan melakukan tes DNA.

Baca juga: Ciri dan Harga Lovebird Euwing

Cara Mencetak Lovebird Violet


Apakah teman-teman sudah mengetahui perbedaan antara lovebird violet, biru mangsi, dan juga cobalt?. Dan jenis dari lovebird violet ini?. Jika sudah, mari kita lanjut ke pembahasa berikutnya, yakni tentang bagaiamana cara menghasilakan lovebird violet.

Untuk dapat menghasilkan atau mencetak lovebird violet yang paling akurat adalah dengan mengawinkan kedua indukan violet, maka dengan begitu, tingkat keberhasilannya bisa mencapai 100%. Namun memang jika langsung membeli sepasang indukan lovebird violet harganya lumayan mahal bagi kelas menengah.

Jika anda ingin lebih menghemat budget, maka cara lainnya adalah dengan membeli indukan jantan lovebird violet DF yang sudah siap produksi atau sekitar usia 10 bulan, harganya sekitar 1,6 juta. Lalu anda bisa kawinkan dengan lovebird biru mangsi, karena warna yang hampir mirip. Harga indukan lovebird biru mangsi sekitar Rp. 550.000.

Dengan begitu maka anda akan lebih menghemat budget untuk mencetak lovebird violet. Biasanya setelah berjodoh, maka akan menghasilkan 3-4 butir telur. Biasanya tidak semua menetas dengan sempurna, mungkin dari 4, hanya 3 yang menetas. Dari ketiga telur tersebut, maka 2 diantaranya adalah lovebird violet dan 1 lagi biru mangsi.

Jika anda mempunyai eksperimen lain silakan coba saja, seperti menjodohkan indukan lovebird violet dengan jenis lovebird lainnya, sehingga akan menghasilkan mutasi warna yang unik. Atau bisa juga menjodohkan sesama violet, namun antara SF dan DF.

Baca juga: Cara Mencetak Lovebird Pastel Violet (Pasvio)

Harga Lovebird Violet Terbaru


Setelah kita mengetahui ciri-ciri dan bagaimana cara mencetak anakan lovebird violet, sekarang mari kita simak kisaran harga lovebird jenis ini yang terbaru di tahun 2018 ini. Berikut informasinya:

Harga Lovebird Violet Perso


Anakan violet perso = Rp. 850.000 - Rp. 1.500.000.
Violet personata dewasa = Rp. 1000.000 - Rp. 2.000.000.
Violet perso blorok dewasa = Rp. 1.500.000 - Rp. 2.500.000.

Harga Lovebird Violet Muka Putih (Fischeri)


Anakan lovebird vio fischeri = Rp. 1.300.000 - Rp. 2.000.000.
Lovebird violet fischeri dewasa = Rp. 1.700.000 - Rp. 2.750.000.
Lovebird pied BS violet fischeri = Rp. 2.000.000 - Rp. 3.500.000.

Harga Lovebird Violet Sable Head (Kepala Elang)


Anakan lovebird violet sable head = Rp. 1.700.000 - Rp. 2.750.000.
Lovebird viole sable head dewasa = Rp. 3.000.000 - Rp. 4.000.000.
Anakan Blorok Sable Head Violet = Rp. 2.200.000 - Rp. 3.250.000.
Lovebird Pied BS Violet Sable Dewasa = Rp. 3.500.000 - Rp. 4.500.000.

Demikianlah informas mengenai lovebird violet, mulai dari cara mencetak, jenisnya, ciri-cirinya, hingga perbedaannya dengan lovebird biru mangsi dan cobalt. Semoga bermanfaat bagi kita semua yang membaca.

Jangan lupa juga ya untuk membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat lagi bagi orang-orang. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam lovebird mania!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments