Skip to main content

follow us

Manfaat air garam untuk lovebird di percaya cukup baik dan sering dilakukan oleh para pemilik lovebird, meskipun hal ini masih menimbulkan pro dan kontra. Banyak diantara mereka yang menyarankan agar memberikan air garam kepada lovebird, karena mereka sudah melakukannya dan memberikan efek yang baik bagi lovebird.

Namun di sisi lain juga ada yang masih belum sepenuhnya mempercayai dan ragu-ragu untuk memberikan air garam pada lovebird miliknya, mungkin karena mereka pikir air garam tidak memberikan efek apapun kepada lovebird.

Memberikan air garam pada lovebird ternyata cukup sering dilakukan oleh orang Eropa sana. Menurut informasi dari omkicau.com bahwa para pemilik burung terutama lovebird, sering memberikan air garam pada burung miliknya.

Menurutnya bahwa air garam dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan mineral pada tubuh burung. Seperti kita ketahui bahwa kandungan sodium, natrium, dan klorida pada garam tidak hanya untuk menambah kenikmatan rasa saja, melainkan juga dapat mengatur keseimbangan cairan pada tubuh dan melancarkan kinerja otot.

Setelah pada pembahasan sebelumnya dengancara.com memberikan informasi mengenai Perbedaan Lovebird Biru Mangsi dan Cobalt, maka kali ini kami akan membahas tentang apa saja kegunaan air garam untuk lovebird.

Manfaat Air Garam Untuk Lovebird


Selain bermanfaat untuk digunakan sebagai Cara Menghilangkan Henna, dan berbagai macam fungsi lainnya untuk manusia, ternyata hewan pun bisa merasakan manfaat dan khasiat dari air garam, apa saja itu?. Berikut informasi selengkapnya.


  • Garam dapat memenuhi kebutuhan dan menjadi sumber mineral pada lovebird.
  • Garam bermanfaat untuk menstabilkan birahi lovebird.
  • Garam membuat lovebird lebih aktif dan tidak mudah lelah atau lesu.
  • Garam juga membantu untuk membangkitkan semangat lovebird yang sering malas-malasan agar rajin berkicau (ngekek).
  • Kebotakan pada lovebird juga dapat diatasi oleh air garam.
  • Menjaga dan menambah stamina lovebird terhadap perubahan cuaca yang ekstrim.
  • Mengatasi kebiasaan lovebird yang suka mencabut bulu/ciak bulu.


Cara Pemberian Air Garam Untuk Lovebird


Meskipun air garam baik bagi lovebird, akan tetapi kita juga harus mengetahui takaran dalam memberikannya, jangan sampai berlebihan. Berikut dengancara.com berikan cara penyajian air garam untuk lovebird yang benar:


  • Pemberian garam pada lovebird bisa dilakukan dengan cara menambahkannya pada pakan biji-bijian lovebird, sedikit saja jangan terlalu banyak.
  • Frekuensi dalam memberikan air garam pada lovebird cukup 1 sampai 2 kali saja dalam seminggu, dengan takaran yang sedikit.
  • Kemudian air garam bisa juga digunakan untuk mencuci buah-buahan dan sayuran yang hendak di berikan kepada lovebird. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan sisa pestisida dan kotoran pada buah dan sayuran. Pencucian dengan air garam cukup dilakukan sekitar 10 menit saja.
  • Lalu bisa juga air garam diberikan atau dicampurkan pada cepuk air minum lovebird. Hal ini juga bertujuan untuk menurunkan birahi lovebird agar stabil saat hendak lomba.


Air garam di campur dengan milet putih


Cara penyajian berikutnya bisa juga dengan mencampurkan air garam pada milet putih yang hendak di konsumsi lovebird. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 kilogram milet putih yang kualitasnya bagus, kemudian rendam dan cuci milet tersebut dengan air bersih.

Biasanya milet yang kurang bagus akan mengambang, buang saja milet yang mengambang tersebut dan pilih saja milet yang kualitasnya baik. Setelah itu buang air cucian tersebut, lalu siapkan dengan air bersih berikutnya yang dicampur dengan 1 sendok makan garam, rendam lagi milet tersebut dengan air garam tersebut selama 10 menit saja.

Setelah itu saring dan jemur milet tersebut hingga kering. Setelah kering, kemudian di sangrai dengan api kecil, lalu tiriskan. Setelah itu anda bisa memberikannya kepada lovebird, dan bisa juga di campur dengan biji-bijian lain seperti kuaci, canary seed, dll.

Cara Yang Salah Dalam Memberikan Air Garam Pada Lovebird


Sekali lagi, bahwa air garam memang baik untuk lovebird, akan tetap masih banyak orang yang keliru dalam memanfaatkan air garam ini untuk lovebird, meskipun takarannya sedikit, namun dilakukan setiap hari, maka itu akan membuat lovebird tersiksa dan lambat laun akan mati. Karena lovebird akan kesulitan untuk menerna kelebiha garam yang masuk, sehingga mengakibatkan gangguan ginjal dan syaraf pada lovebird.

Bahkan ada juga orang yang tadinya ingin membuat lovebirdnya tangguh malah menjadi malapetaka dan mengakibatkan lovebirdnya mati. Hal ini karena lovebird tersebut diberikan garam dengan campuran jeruk nipis, sehingga beberapa saat kemudian lovebird miliknya mati.

Sudah kita ketahui bersama bahwa jeruk nipis dan garam memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, lalu apa jadinya jika keduanya diminum secara bersamaan oleh lovebird. Hal tersebut pasti sangat menyiksa lovebird, hingga akhirnya mati.

Jadi anda boleh saja memberikan air garam pada lovebird, karena manfaat air garam untuk lovebird cukup baik, bahkan banyak kicau mania yang menjuarai lomba beberapa kali karena khasiat air garam yang diberikannya pada lovebird.

Namun dengan catatan, yakni memberikan air garam cukup 1-2 kali saja dalam seminggu, lakukan juga eksperimen untuk menentukan takaran yang pas untuk lovebird, dan jika sudah pas jangan dirubah lagi takaran tersebut. Air garam juga bisa di berikan saat H-1 sebelum lovebird akan di lombakan.

Demikianlah informasi kali ini mengenai manfaat air garam untuk lovebird agar dapat ngekek panjang atau gacor. Semoga bermanfaat bagi kita semua ya.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini supaya lebih bermanfaat lagi. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar