Sarang Burung Murai Batu di Hutan Yang Menakjubkan

Sarang burung murai batu di hutan tentu saja sangat jarang di temui, mungkin hanya orang-orang yang sering berpetualang saja yang bisa menemukan sarang burung tersebut di hutan. Biasanya murai batu membangun sarangnya di lobang pohon yang dibentuk dengan dahan kecil, daun, akar, serta pakis.

Umumnya yang membuat sarang adalah murai batu betina, sedangkan yang jantan tugasnya akan melindungi dan menjaga daerah kekuasaannya itu. Karena burung murai batu merupakan salah satu burung petarung (fighter) yang cukup terkenal, dan akan selalu menjaga daerahnya dari serangan hewan lain.

Tidak sedikit orang yang menyukai burung ini, selain karena sifat fighternya, suara kicau burung murai batu sangat indah, sehingga banyak sekali lomba burung kicau yang di ikuti dan di menangkan oleh murai batu.

Pada kesempatan yang lalu dengancara.com sudah membahas mengenai Manfaat Air Garam Untuk Lovebird, jika belum membaca artikelnya, silakan sobat baca. Kali ini kami tertarik untuk mengulas tentang uniknya sarang burung murai batu di alam liar atau di hutan yang terbuat secara alami tanpa bantuan tangan manusia.

Sarang Burung Murai Batu di Hutan


Berikut adalah beberapa potret sarang murai batu yang ada di alam liar (hutan) :



Sebetulnya burung ini tidak ada masalah dengan sarang burung murai batu di penangkaran atau sarang yang di sediakan oleh majikannya. Karena di alam liar murai batu dapat membuat sarangnya sendiri tanpa bantuan dari siapapun.

Burung ini bisa memanfaatkan lubang pada pepohonan untuk dijadikan sarang, sekaligus untuk bertelur dan menyimpan telurnya tersebut. Pada umumnya burung murai batu akan bertelur pada bulan januari sampai februari, dan burung murai batu akan mengerami telurnya sekitar 12 - 15 hari, hingga menetas.

Baca juga: Mengenai Lovebird Barong Yang Mandul

Nah, bagi temen-temen yang punya burung murai batu dan ingin membuat kandang atau sarang replika seperti di habitat aslinya yang ada di hutan, disini kami akan berikan tips bagaiamana cara membuat sarang replika seperti di hutan untuk murai batu:

Membuat Sarang Murai Batu Dari Batang Palem



  • Pertama yang harus anda siapkan adalah batang palem yang sudah di potong dengan ukuran 40 cm.
  • Setelah itu, bobok bagian dalam palem tersebut hingga kosong dan tidak ada isinya lagi.
  • Agar prosesnya lebih mudah, anda bisa lakukan pembobokan dari atas sampai ke tengah, lalu baru bagian bawahnya yang di bobok.
  • Kemudian lubangi permukaan batang palem bagian tengahnya dengan ukuran ideal dan pas untuk keluar masuk burung, atau bisa dengan ukuran 15 cm. Namun jangan lupa, pada bagian bawah pintunya diberi sedikit tenggeran untuk pijakam kaki burung, sebelum masuk ke dalam sarang.
  • Jika permukaan batang sudah terlubangi, tutup bagian atas dan bawah yang tadi sudah di bobok dengan menggunakan tripleks atau multipleks, sehingga nantinya murai batu akan nyaman dan terlindungi dari udara dingin, dll.
  • Jika sudah selesai semua, selanjutnya anda bisa memasukan baha-bahan untuk pelengkap sarang.
  • Dan sarang pun sekarang siap ditempati oleh burung.

Bagaimana? Mudah bukan untuk membuat sarang burung murai batu yang sama dengan habitatnya di alam liar?. Akan tetapi anda juga harus ingat untuk menempatkan sarang pada tempat yang ideal, yakni simpan di tempat yang tidak terjangkau oleh hewan lain seperti pemangsa, kemudian tidak di tempatkan pada suhu yang ekstrim.

Demikianlah informasi kali ini mengenai sarang burung murai batu di hutan dan cara membuat replikanya di penangkaran. Semoga bermanfaat bagi kita dan menambah wawasan mengenai burung murai batu.

Jangan lupa bagikan artikel ini ya agar lebih bermanfaat lagi. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Add your comment Hide comment

Disqus Comments