Inilah Penyebab dan Cara Mengobati Sakit Gigi Saat Hamil

Sakit Gigi Saat Hamil - Keadaan yang terjadi pada ibu hamil biasanya pusing dan mual-muntah, namun riak hanya itu, terkadang wanita hamil juga bisa mengalami gejala sakit gigi yang membuat tidak nyaman.

Saat mengandung buah hati, tentunya ibu hamil akan sangat berhati-hati untuk mengkonsumsi sesuatu, terutama obat-obatan. Oleh karena itu bagi ibu hamil disarankan untuk mengobati sakit gigi dengan cara alami dan tradisional agar lebih aman dan efektif di bandingkan dengan obat-obatan kimia, yang bisa saja menganggu kehamilan.

Namun sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengobati sakit gigi saat hamil, alangkah lebih baiknya kita ketahui dulu apa saja yang menyebabkan sakit gigi pada ibu hamil, karena dapat disebabkan oleh berbagai macam sebab.

Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil


Berikut adalah beberapa penyebab sakit gigi pada wanita hamil yang umum terjadi:

1. Perubahan Hormon


Pada masa kehamilan biasanya akan terhadi perubahan hormon yang dapat menyebabkan terjadinya gingivitis atau peradangan gusi. Pada kondisi ini gusi bisa membengkak dan juga terkadang akan berdarah saat ibu hamil menyikat gigi. Jika gingivitis gusi ini tidak segera ditangani maka bisa menimbulkan penyakit lain, yakni periodontal. Penyakit tersebut menyerang jaringan pendukung gigi.

Saat perubahan hormon pada ibu hamil, maka sistem kekebalan tubuh akan terganggu kinerjanya, sehingga tubuh tidak bekerja maksimal melawan bakteri. Sehingga dengan begitu, gigi dan gusi akan sangat mungkin sekali untuk terinfeksi. Oleh sebab itu ibu hamil disarankan untuk menggosok gigi paling tidak 2 kali sehari dan berkumur dengan cairan kumur antiseptik.

Baca juga: Cara Menggosok Gigi Yang Benar Menurut Kesehatan

2. Kurangnya Asupan Kalsium


Selain karena perubahan hormon, penyebab sakit gigi saat hamil juga bisa karena kekurangan kalsium. Peran kalsium untuk ibu hamil sangat penting sekali, karena kebutuhan kalsium bayi akan diambil dari tulang ibu terlebih dahulu, kemudian akan diambil dari gigi jika sudah sangat kekurangan kalsium, sehingga ibu akan terkena dampaknya.

Oleh karena itu, pada saat masa kehamilan ini para ibu harus selalu mencukupi asupan kalsium agar dapat melindungi massa tulang dan memenuhi kebutuhan kalsium si buah hati. Pada saat masa kehamilan para ibu tidak hanya mencukupi kebutuhan untuk dirinya sendiri, tapi juga kebutuhan gizi dan nutrisi bayi yang di kandungnya. Sumber kalsium bisa kita dapat dari susu, keju, yoghurt, dll.

3. Mual-muntah


Mual dan muntah adalah ciri kehamilan yang paling umum dan hampir semua wanita hamil mengalami hal tersebut. Pada saat mual dan muntah, maka dampaknya gigi akan terkena asam lambung yang tinggi dan jika muntah berulang-ulang, maka gigi akan berisiko untuk berlubang, karena enemel gigi rusak.

Jadi yang harus dilakukan setelah muntah-muntah adalah berkumur dengan air bersih, lalu dilanjut dengan cairan kumur berfluoride. Atau bisa juga dengan mengoleskan sedikit pasta gigi pada seluruh gigi, kemudian bilas dengan air. Jika ingin menggosok gigi, lakukan satu jam setelah muntah.

Selain penyebab sakit gigi saat hamil diatas, masih ada beberapa faktor lainnya seperti faktor perubahan pola makan dan kebersihan mulut yang kurang terjaga.

Cara Mengobati Sakit Gigi Saat Hamil


Setelah kita mengetahui berbagai macam penyebab sakit gigi pada ibu hamil, dari mulai perubahan hormon hingga kurangnya kalsium pada tubuh. Nah sekarang mari kita bahas cara mengobati sakit gigi tersebut dengan menggunakan metode alami yang aman dan efektif bagi ibu hamil.

Sebetulnya hal yang harus dilakukan oleh ibu hamil saat mengalami sakit gigi adalah memeriksakannya pada dokter gigi. Sehingga bisa diketahui langkah apa saja yang aman untuk dilakukan supaya tidak menganggu kehamilan. Karena jika mengkonsumsi obat-obatan yang tidak di rekomendasikan oleh dokter, bisa saja berdampak pada kehamilan, walau sekecil apapun. Namun jika ingin mengobati sakit gigi dengan cara alami, maka silakan simak informasi berikut:

1. Bawang Putih


Cara mengobati sakit gigi saat hamil yang pertama adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih sudah teruji sebagai bahan yang aman bagi ibu hamil, meskipun aromanya sedikit menggelitik hidung. Namun khasiatnya cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi, karena mengandung antibakteri, antibiotik, hingga anti radang.

Cara penggunaan bawang putih untuk mengobati sakit gigi pada ibu hamil adalah dengan menghaluskan 2 hingga 3 siung bawang putih, kemudian haluskan dan balurkan pada bagian gigi yang sakit. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur sampai sakit gigi hilang.

Baca juga: Tips Agar Cepat Hamil Setelah Haid

2. Merica dan Garam


Bahan alami yang dapat mengobati sakit gigi saat masa kehamilan berikutnya adalah merica dan garam. Sudah banyak mempercayai bahan ini sebagai obat tradisional yang ampuh menghilangkan sakit gigi. Kandungan senyawa aktif pada kedua bahan tersebut dapat meredakan rasa nyeri pada area yang terinfeksi bakteri.

Cara penggunaan merica dan garam untuk obat sakit gigi saat hamil adalah dengan menghaluskan beberapa butir merica, lalu campurkan dengan garam secukupnya, kemudian aduk hingga rata. Setelah balurkan atau oleskan pada area gigi yang sakit, bisa juga digunakan sebagai obat kumur dengan menambahkan air pada ramuan tersebut.

3. Cengkeh


Cengkeh merupakan bahan yang biasa digunakan untuk campuran bahan masakan supaya lebih nikmat aromanya. Namun khasiatnya yang lain adalah dapat mengobati sakit gigi, peradangan gusi, hingga dapat mengatasi sinusitis. Hal tersebut karena cengkeh mengandung zat aktif eugenol yang mampu mengatasi rasa sakit dan nyeri.

Cara menggunakan cengkeh untuk mengobati sakit gigi pada ibu hamil sangat mudah, yakni dengan mengoleskan minyak cengkeh yang sudah jadi pada bagian gigi yang sakit. Atau bisa juga dengan menghaluskannya, lalu campur dengan garam sedikit saja, kemudian larutkan dengan air hangat dan jadikan obat kumur.

4. Kompres Dengan Es Batu


Es batu sudah sejak lama dipercaya dapat meredakan rasa sakit akibat pembengkakan ataupun sakit gigi. Cara menggunakan es batu untuk mengatasi sakit gigi saat hamil adalah dengan mengambil bongkahan es batu secukupnya, lalu bungkus dengan kain atau handuk, kemudian tempelkan pada pipi yang mengalami sakit akibat sakit gigi sampai rasa sakit berkurang. Untuk hasil yang maksimal, lalukan cara ini setidaknya 2 kali sehari.

5. Jahe


Banyak sekali memang khasiat dari jahe ini, selain Manfaat Jahe Untuk Diet, menghangatkan tubuh, dan meredakan batuk, ternyata jahe juga sangat bermanfaat untuk meredakan sakit gigi saat hamil secara alami dan efektif.

Cara menggunakan jahe untuk sakit gigi adalah cukup dengan menyediakan 2 ruas jahe ukuran sedang, lalu haluskan dan tempelkan pada gigi yang sakit. Atau cara lainnya yakni dengan merebus jahe dengan 2 gelas air, lalu tunggu hingga airnya tersisa 1 gelas, setelah hangat jadikan obat kumur.

Demikianlah informasi kali ini mengenai apa saja penyebab sakit gigi pada ibu hamil dan bagaimana cara mengobati sakit gigi saat hamil. Semoga bermanfaat bagi para ibu hamil semuanya. Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini ya. Sampai jumpa di artikel kesehatan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

This Is The Newest Post

Add your comment Hide comment

Disqus Comments