Skip to main content

follow us

Gigi Palsu Yang Bagus - Gigi palsu saat ini sudah tidak asing lagi bagi orang-orang, karena dengan gigi palsu kita bisa menyempurnakan kembali gigi asli yang rusak. Gigi asli bisa rusak karena berbagai sebab, seperti Gigi Berlubang atau karena benturan keras sehingga gigi menjadi patah dan rusak. Gigi tiruan atau gigi palsu banyak macam dan jenisnya dari kualitas yang paling bagus hingga kualitas rendah, tentu harganya pun jelas berbeda.

Dengan menggunakan gigi palsu, maka kita dapat lebih percaya diri saat tersenyum dan berbicara. Akan tetapi tidak semua kerusakan gigi harus diganti dengan gigi palsu, ada pula yang hanya perlu melakukan penambalan saja sudah cukup apabila kerusakan tidak terlalu parah.

Sebelum anda memilih untuk menggunakan gigi palsu agar gigi lebih terlihat indah dan percaya diri semakin meningkat, ada baiknya kita ketahui dulu macam-macam gigi tiruan atau gigi palsu yang bagus.

Macam-macam Gigi Palsu yang Bagus


Gigi palsu pada dasarnya ada dua, yakni gigi palsu permanen dan gigi palsu sementara. Dari dua macam tersebut, jika kita ketahui lebih dalam maka akan ada banyak macamnya dari kedua gigi palsu tersebut, seperti berikut ini:


1. Gigi Palsu Permanen


Gigi palsu permanen cukup bagus dan kekuatannya pun tahan lama, apa saja macam-macam gigi permanen?:

Implan Gigi

Implan gigi sudah mulai di kembangkan sejak tahun 1960an dan terus mengalami peningkatan hingga era sekarang ini. Implan gigi ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang tidak ingin menggunakan gigi palsu lepasan. Sesuai dengan kualitasnya, implan gigi ini harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan gigi palsu lepasan. Untuk memasang implan gigi palsu yang bagus, maka gigi asli harus dicabut. Setelah gigi asli dicabut, selanjutnya akan dilakukan pemasangan besi plat untuk penyangga gigi palsu.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Gigi Ngilu yang Terbukti Ampuh

Mahkota Gigi (Dental Crown)

Dental crown atau mahkota gigi masih merupakan golongan gigi palsu yang bagus. Jika kerusakan gigi belum terlalu parah dan kerusakan tidak sampai ke akar gigi maka dental crown bisa menjadi solusinya. Karena dental crown sedikit berbeda dengan implan gigi, jika implan gigi harus menanggalkan gigi asli untuk pemasangannya, namun mahkota gigi tidak demikian.

Pemasangan dental crown adalah dengan menutup gigi asli yang masih tersisa, seperti gigi keropos, patah, atau kerusakn gigi lainnya yang tidak sampai ke akar gigi masih bisa menggunakan mahkota gigi. Untuk pemasangannya pun tidak terlalu sulit, karena dokter hanya akan memeriksa akar gigi apakah kuat atau tidak untuk dilakukan pemasangan mahkota gigi.

Jembatan Gigi (Bridge)

Bridge atau jembatan gigi sebetulnya masih sama dengan mahkota gigi yang proses pemakaiannya tidak perlu mencabut gigi asli. Bedanya adalah jika anda mengalami beberapa kerusakan gigi yang jaraknya berdekatan maka jembatan gigi dirasa lebih cocok untuk menggantikannya.

Cara pemakaiannya adalah dengan melakukan pengecilan terhadap gigi asli yang rusak, kemudian barulah di pasang jembatan gigi pada gigi asli yang sudah di perkecil agar dapat terpasang dengan baik.


2. Gigi Palsu Lepasan


Selain gigi palsu permanen, ada juga gigi palsu lepasan yang dapat kita lepas dan pakai sesusai keinginan kita. Gigi palsu lepasan ini dapat menggantikan gigi yang ada pada rahang atas dan bawah, berikut ini adalah beberapa contoh gigi palsu lepasan:

Logam

Logam adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kerangka gigi palsu yang cukup bagus untuk menyangga gigi. Gigi palsu dari bahan logam ini akan menjadi lebih tipis dari bahan lainnya, sehingga cukup nyaman saat digunakan.

Keuntungan memakai gigi palsu dengan jenis logam juga lebih tahan atau lebih kuat saat sesudah perawatan, hal ini karena sifat logam lebih kaku dari bahan lainnya.

Akrilik

Bahan gigi palsu lepasan yang bagus berikutnya adalah akrilik. Jenis gigi palsu yang satu ini merupakan salah satu gigi palsu yang paling tua. Untuk pemasangan gigi palsu akrilik ini memerlukan kawat untuk membantu mengaitkan gigi palsu pada gigi asli agar penempatannya presisi.

Sesuai dengan namanya, gigi palsu lepasan ini terbuat dari bahan akrilik yang mempunyai tekstur keras, padat dan berat, sehingga cukup bagus untuk digunakan sebagai bahan gigi palsu.

Valplast

Gigi palsu yang bagus selanjutnya adalah bahan dari valplast. Teksturnya yang lembut dan lentur membuat jenis gigi palsu ini cukup dimimati oleh orang-orang. Selain itu gigi palsu jenis valplast juga tidak perlu menggunakan kawat dalam pemasangan gigi palsu valplast.

Gigi palsu ini bersifat transparan atau tembus pandang, sehingga akan  lebih terlihat natural dan alami saat digunakan.

Demikianlah informasi mengenai Macam-macam Gigi Palsu yang Bagus Permanen dan Lepasan. Semoga dengan artikel ini dapat membantu bagi kalian yang ingin menggunakan gigi palsu.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini agar lebih bermanfaat lagi ya. Sampai jumpa pada artikel kesehatan dan kecantikan lainnya, semoga sukses dan sehat selalu!!!

You Might Also Like:

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar