Skip to main content

follow us

Lovebird spangle merupakan salah satu dari sekian banyak jenis lovebird. Burung ini juga disebut dengan Lovebird Dom Edge atau disingkat menjadi DE. Sesuai namanya, Edge artinya tepi atau pinggir. Jadi ada corak pada setiap tepi bulunya (Tritis) . Selain itu, karena jenis ini adalah lovebird mutasi, sehingga terjadi pengurangan parsial pigmen melanin pada bulunya yang mengakibatkan warna bulunya agak pudar dari warna normal.

Sebelum lovebird ini dikenal dengan nama spangle, orang-orang mengenal burung ini dengan sebutan:


  • Golden chery pada green series
  • Silver pada blue series


Pada umumnya lovebird spangel atau dom edge dibedakan menjadi 2, yaitu Lovebird Single Factor Edge (SFE) dan Lovebird Double Factor Edge (DFE).

Baca juga: Cara Mencetak Lovebird Biola Dengan Mudah

Berikut ini kita akan bahas tentang ciri-ciri dan perbedaannya apa saja.

Lovebird Single Factor Edge (SFE)


Ciri-ciri lovebird SFE adalah seperti berikut:

1. Warna dari lovebird SFE biasanya lebih pucat dibandingkan dengan warna standar. Dari warna hijau akan terlihat pucat dan ada motif kuning pada bagaian sayapnya. Kemudian jika biru akan lebih pudar hingga keabuan.

2. Warna pada sayap terbangnya tetap hitam, walaupun tak sepekat lovebird solid.

3. Meskipun tidak begitu kentara, namun corak tritisnya masih tetap terlihat pada beberapa bagian punggung, seperti spot kuning untuk green series, dan putih pada blue series.

4. Corak pada pejantan biasanya lebih terlihat dibandingkan dengan corak betina. Namun hal ini bukan tolak ukur untuk menentukan jenis kelamin lovebird.



Lovebird Double Factor Edge (DFE)


Sedangkan ciri-ciri dari lovebird DFE seperti berikut ini:

1. Warna tubuh lovebird DFE cenderung lebih pucat jika dibandingkan dengan lovebird SFE. Warna hijau menjadi kuning pucat atau kuning lecek dan warna biru seperti keabuan. Namun terkadang hampir seluruh bulunya abu muda kecualo pada bagian ekor yang masih menyisakan warna aslinya.

2. Lalu pada bagian sayap terbangnya menjadi silver atau abu muda.

3. Lalu corak tritisnya juga lebih terlihat dibandingkan dengan SFE.

Itulah beberapa perbedaan antara lovebird single factor edge dan double factor edge. Namun masih banyak orang juga ternyata bingung membedakan antara lovebird spangle atau dominan edge dengan mutasi. Kami akan menjelaskan juga perbedaannya.

Baca juga: Ciri-ciri dan Harga Lovebird Mouve

Perbedaan Lovebird Spangle dan Pastel


1. Pastel memiliki warna memudar pada badan secara keseluruhan, termasuk kepala dan juga sayap yang lebih bersih. Sedangkan pada spangle sayapnya tidak sebersih pastel.

2. Walaupun pastel juga memiliki warna yang memudar, akan tetapi masih terlihat bersih. Sedangkan spangle atau DE warnanya terkesan kotor/lecek atau bercorak.

3. Lovebird pastel bersifat resesif, sedangkan spangle atau DE bersifat dominan

Harga lovebird spangle


Untuk harga lovebird spangle dipasaran sendiri sangat bervariasi mulai dari 250rb hingga 600rb tergantung corak dan juga jenisnya.

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri hingga harga dari lovebird spangle atau dominant edge. Semoga dengan artikel ini bisa membantu dan menambah wawasan kita semua mengenai lovebird yang merupakan salah satu burung yang digemari banyak orang.

Sampai jumpa di artikel menarik lainnya, semoga sukses dan salam kicau mania!!!

You Might Also Like:

Newest Post
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar